​Resume pribadi materi Matrikulasi IIP batch#3

Sesi #1 [Overview Ibu Profesional] Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga

How to be Profesional Mother
Sebelum menjadi ibu yang profesional, pahami dulu tentang anak kita. Apa yang sudah dimiliki oleh anak kita?

1. Intellectual Curiosity, yaitu rasa ingin tahu yanb luar biasa besar

2. Creative Imagination, yaitu daya imajinasi kreatif yang tinggi

3. Art of discovery, yaitu seni untuk menemukan

4. Noble attitude yaitu Akhlak yang mulia. 

Bersama dengan kita sebagai orangtua, seharusnya keempat potensi anak tersebut menjadi lebih dahsyat. Kalau terjadi sebaliknya, maka pertanyaan besarnya adalah: “Ada apa dengan kita?”

Selain kemampuan apa yang telah dimiliki anak, ada juga empat fitrah anak. 

• Fitrah pertama: Anak adalah Homo Ludens atau mahluk yang senang dengan permainan dan bermain. Kedua aktivitas ini jangan sampai dijauhkan dari anak karena dapat membuat anak berkembang secara optimal. Bermainlah dengan anak, dan tunjukkan kegembiraan anda sebagai orangtua saat bersama mereka. 

• Fitrah kedua: Rentang konsentrasi anak adalah 1x menit umurnya. Oleh karena itu jangan paksa anak untuk bisa duduk manis 🙂 Rentang konsentrasi ini bisa naik seiring dengan stimulus yang diberikan pada anak. Misalnya jika menginginkan anak yang usianya baru 5 tahun untuk tenang selama 30 menit, maka anda harus menyiapkan 6 stimulus untuk memperpanjang rentang konsentrasinya. 

• Fitrah ketiga: Anak adalah mahluk pembelajar. Ada kekeliruan di tangan kita sebagai orangtua kalau anak tumbuh menjadi tidak suka belajar. Ibu seharusnya tidak mendidik anak menjadi bisa, tapi senang dengan proses belajar. 

• Fitrah keempat: 80% otak anak berkembang di usia 0- 8 tahun, dan masa emasnya terletak pada usia 0-3 tahun. Hal ini membutuhkan prioritas ibu. Oleh karena itu, ibu profesional harus punya pembagian waktu untuk anak dan dirinya. Selama usia anak 0-8 tahun, idealnya seorang ibu full dalam mendidik mereka, full memberikan konsentrasi , serta full memberikan hati kepada mereka. Tidak bisa dilakukan secara setengah-setengah karena setengah-setengah tidak bisa mencapai keberhasilan. 

• Fitrah kelima: Stimulus anak sejak dini (usia 0- 12 tahun) akan menentukan karakter anak. 
Ibu profesional adalah ibu yang sungguh-sungguh menjadi ibu. Ia paham bagaimana cara menjadi ibu, istri tapi juga mampu mandiri secara finansial tanpa meninggalkan keluarga. 

Dalam Institut Ibu Profesional, ada tahapan-tahapan untuk menuju kesana. 
Tahap pertama: Bunda Sayang. Pada tahap ini ibu harus memahami ilmu-ilmu dasar bagaimana mendidik anak. Mulai dari komunikasi produktif, bagaimana memotivasi anak, mengajarkan kemandirian, baru kemudian mengajarkan mereka membaca dan menulis. Goalnya adalah membuat anak suka dengan belajar. 

Tahap kedua: Bunda Cekatan. Tahapan ini adalah bagaimana mendidik ibunya agar kualitasnya sebagai ibu, istri dan perempuan memiliki kerja yang cekatan. Misalnya tentang bagaimana mengelola keuangan, emergency first, safety riding, membuat rumah elok, dsb. 

Tahap ketiga: Bunda Produktif. Menjadi ibu tidak berhenti pada ranah domestik, tapi juga harus mampu menggali potensi yang ada dalam dirinya sehingga bermanfaat dan mandiri secara finansial. Misalnya dengan membuat jaringan produktif, komunitas pembelajar, komunitas industri, dsb.
Tahap keempat: Bunda Sholihah. Yaitu dengan menjadi inspirasi bagi ibu-ibu yang lain dengan cara membagikan ilmu yang dimiliki. Ruh ketika menyampaikan ilmu tersebut ada karena telah melalui tahapan-tahapan sebelumnya. 
Jadi piramida ibu profesional itu adalah: 
1. How to educate the children

2. How to manage life

3. How to be confidence as a mother, wife and woman

4. How to continous the development! 

Finalnya adalah meningkatkan noble attitude atau ahlak mulia anda sebagai ibu, istri, perempuan dan tentu saja keluarga anda karena bermanfaat bagi orang lain. 
Jadi ibu profesional adalah hasil dari “anak yang akan mendorong diri Anda” sehingga mampu merevitalisasi makna ibu. 
Melalui revitalisasi makna ini, Ibu akan dihargai sebagai seorang perempuan yang luar biasa. Ibu akan menjalankan tugas hidup dan misinya secara profesional dan tangguh!!!

Link materi: https://youtu.be/hmLVcXK658Y

Advertisements